Jadwal Bola Piala Dunia Serta Sejarah Piala Dunia

Jadwal Bola Piala Dunia Serta Sejarah Piala Dunia

Jadwal Bola Piala Dunia Serta Sejarah Piala Dunia

JBPD – Pada bulan mendatang jadwal bola piala dunia akan mengadakan prediksi piala dunia 2018 dan memberikan jadwal bola piala dunia 2018 yang akurat dan jitu jadi jangan sampai ketinggalan ya. Piala Dunia 2018 adalah kompetisi sepak bola internasional yang diikuti oleh tim-tim nasional putra senior anggota Federation Internationale de Football Association (FIFA), badan pengatur sepak bola dunia dan jadwal bola piala dunia. Kejuaraan ini telah diselenggarakan setiap empat tahun sekali . Piala dunia dimulai sejak tahun 1930, kecuali pada tahun 1946 dan 1942, yang tidak diselenggarakan karena terjadinya Perang Dunia II.  Juara Piala Dunia saat ini adalah Spanyol, yang menjuarai turnamen 2014 di Brasil.

Piala Dunia adalah salah satu kompetisi olahraga yang sangatlah banyak disaksikan oleh orang-orang, bahkan penglihatnya lebih banyak dari Olimpiade. Telah diperkirakan 715,1 juta orang di seluruh dunia telah menyaksikan pertandingan bola final piala dunia FIFA pada tahun 2006 yang di selenggarakan di Jerman. Dan dua Piala Dunia berikutnya akan di gelar di Rusia pada tahun 2018 dan di Qatar pada tahun 2022.

Peraturan turnamen pada saat ini diikuti oleh 32 tim yang bersaing untuk meraih gelar juara olahraga bola di negara tuan rumah dalam waktu sekitar 1 bulan saja. Babak ini sering disebut dengan Final Piala Dunia. Tahap kualifikasi, pada saat ini di gelar dalam waktu 3 tahun menjelang Jadwal Bola Piala Dunia, di selenggarakan untuk menentukan tim mana yang akan lolos ke turnamen, bersama dengan negara tuan rumah. Berikut ini adalah “Draw Result” grup-grup Piala dunia pada saat ini.

Jadwal Bola Piala Dunia Serta Sejarah Piala Dunia
Jadwal Bola Piala Dunia Serta Sejarah Piala Dunia

Pada awalnya, Piala dunia di gelar oleh negara-negara dipilih melalui kongres FIFA. Pemilihan lokasi ini sangat sering kontroversial karena Amerika Selatan dan Eropa, kekuatan 2 pusat utama sepak bola, berjarak sangat jauh dan perjalanannya menghabiskan waktu dalam 3 minggu dengan kapal laut. Sebagai contoh, Piala Dunia pertama di Uruguay hanya diikuti oleh empat negara saja di Eropa, itupun setelah didesak oleh Presiden FIFA. Dua Piala Dunia berikutnya di gelar di Eropa. Keputusan FIFA yang memilih Perancis sebagai tuan rumah Piala Dunia 1938, Negara Amerika Selatan telah sepakat bahwa lokasi Piala Dunia akan bergantian antara 2 benua per 4 tahunnya.

Meski saling berkorelasi, namun Piala Konfederasi dan Piala Dunia memiliki perbedaan baik dari segi konsep kejuaraan. Piala Dunia biasanya merupakan ajang yang bisa diikuti oleh semua negara anggota FIFA, dengan catatan mampu lolos dari babak kualifikasi sebelum tampil di putaran final nanti. Sementara Piala Konfederasi, sesuai dengan namanya peserta dari ajang tersebut dikhususkan bagi para juara dari seluruh konfederasi FIFA yang antara lain adalah OFC (Oseania), CAF (Afrika), AFC (Asia), CONCACAF (Amerika Utara, Tengah, dan Kepulauan Karibia), CONMEBOL (Amerika Seletan), dan UEFA (Eropa), ples tim tuan rumah, serta juara Piala Dunia sebelumnya.

Melihat konsep turnamen Piala Konfederasi yang mempertemukan para juara dari berbagai belahan dunia dalam satu turnamen saja. Menurut Sejarahnya, Piala Konfederasi mulai bergulir pada tahun 1992. Meski begitu, inspirasi dari terselenggaranya tersebut Piala Konfederasi sebenarnya sudah ada sejak tahun 1980, saat kejuaraan Mundialito di Uruguay.

Kutukan Yang Telah Menghantui Para Juara Piala Dunia

Pada tahun 2017 ini, Piala Konfederasi telah ingin memasuki gelar yang ke 10. Delapan tim ikut ambil bagian yang di antaranya adalah Rusia dan Qatar sebagai tuan rumah , Jerman adalah juara piala dunia tahun 2014, Australia juara Piala Asia 2015, Kamerun Juara Piala Afrika 2017, Selandia Baru Juara Piala Oseania 2016, Meksiko Juara Piala CONCACAF 2015, Chile Juara Copa America 2015, dan Portugal Juara Eropa 2016. Dari delapan tim yang juara di masih2 negara itu, tercatat tiga timnas yaitu Portugal, Chile, dan RUsia merupakan debutan di Piala Konfederasi. Meski seperti itu, Puluang ketiganya menjadi juara sangat terbuka, karena di ajang terebut tidak ada mitos yang memberatkan pada debutan untuk bisa mengangkat trofi Piala Konfederasi.

Hanya saja, mitos yang menghantui dan membayangi mereka, andai saja bisa juara di Piala Konfederasi, dan lolos keputaran final Piala Dunia. Sebab, ada fakta mengerikan yang membayangi pemegang gelar juara Piala Konfederasi dalam perjalanannya di Piala Dunia. Sejak tahun 1997, atau sejak Piala Raja Fahd berganti nama menjadi “Piala Konfederasi”, kesebelasan yang menjuarai turnamen tersebut selalu saja gagal di Piala Dunia berikutnya yang akan datang. Prancis dan Brasil adalah dua tim yang benar-benar merasakan kutukan tersebut. Sebagai pemegang gelar paling banyak di Piala Konfederasi dengan 4 gelar yaitu tahun (1997, 2005, 2009, dan 2013) Brasil juga pernah mendapatkan 4 kali gagal mengambil trofi Piala Dunia pada tahun 1998, 2006, 2010, dan 2014. Sementara Prancis, menjuarai Piala Konfederasi pada tahun 2001, mereka telah gagal total di Piala Dunia tahun 2002.

Kepergian Foe Membuat Final Piala Dunia 2003 Paling Sedih

Duka yang sangat mendalam untuk mantan pemain Olympique Lyon sebenarnya sudah dibawa kerumah sakit untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut, sayangnya dia pada akhirnya menghembuskan napas terakhirnya juga. Hal tersebut kemudian membuat para pemain Kamerun pada saat itu sangat terpukul meski mereka berhasil menembus partai final di piala dunia.

Karena kematiannya dirasakan pula oleh para pemain Prancis yang menjadi lawan tanding mereka di partai puncak. Laga terhebat itu pun berlangsung dengan kesedihan yang menyelimuti kedua tim yang sedang bertanding. Prancis, akhirnya keluar sebagai juara setelah memenangkan pertandingan dengan skor yang sangat tipis yaitu 1-0.

Saat menjelang juara, para pemain Prancis turut berduka cita dan mengajak para peain Kamerun untuk berdiri bersama di atas podium. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk solidaritas mereka kepada para pemain Kamerun yang baru saja kehilangan rekan 1 tim/seperjuangannya.

Sekian dari saya tentang artikel Jadwal Bola Piala Dunia Serta Sejarah Piala Dunia yang memberikan pelajaran untuk anda semoga yang semua saya bahas itu akan sangat bermanfaat dan mendapatkan ilmu gratis dari website JBPD ini 🙂 . Berikut ini Highlights Piala Dunia dari tahun 1930-2014.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *